Apakah Ada Lensa Kontak Khusus untuk Mata Kering?



Apakah Ada Lensa Kontak Khusus untuk Mata Kering? Banyak orang dengan masalah penglihatan yang dapat diperbaiki memilih memakai lensa kontak, bukan kacamata, entah untuk alasan gaya atau masalah kenyamanan. Banyak bentuk lensa kontak datang dengan masalah mereka sendiri, bagaimanapun, dan salah satu masalah ini bisa menjadi kekeringan yang tidak menyenangkan dari waktu ke waktu. Meskipun tidak ada jenis lensa kontak khusus untuk mata kering, perkembangan baru-baru ini pada bahan yang digunakan untuk membuat lensa kontak membuat mereka lebih nyaman untuk mereka yang memiliki kondisi mata kering. Merek lensa kontak seperti Proclear® Compatibles dan Acuvue® Oasys, misalnya terbuat dari bahan hidrogel yang mengandung lebih sedikit air daripada lensa sebelumnya.

Idealnya, lensa kontak yang lembut mengapung pada film pelindung air mata alami saat digunakan. Bagi orang dengan kondisi mata kering kronis, atau yang selalu terpapar zat pengeringan lingkungan seperti asap rokok atau AC, lapisan air mata alami ini dapat dikompromikan. Hasilnya adalah lensa kontak kering yang tidak nyaman yang tidak bergerak bebas di mata. Menggunakan tetes mata pelembab khusus dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan sementara, karena bisa merendam kembali lensa dalam larutan pembersih.

Masalah dengan banyak lensa kontak tradisional adalah bahwa mereka mengandung sejumlah besar air, sampai 75% dalam beberapa kasus. Awalnya ini mungkin tidak seperti masalah, tapi lensa kontak basah cenderung kehilangan kelembaban akibat dehidrasi sepanjang hari. Air menguap melalui bagian depan lensa, dan bahan lensa kontak menarik, atau sumbu, mengeluarkan cairan dari mata untuk mengkompensasi kehilangan. Hal ini menciptakan kekeringan yang tidak nyaman yang hanya bisa dikurangi dengan rehidrasi lensa. Idealnya, lensa kontak untuk mata kering seharusnya tidak memiliki kandungan air yang tinggi.

Alternatif umum untuk menyerap kelembaban lensa kontak lembut adalah lensa kontak yang lebih keras yang dikenal sebagai Gas Kuat Permeabel, atau RGP. Lensa kontak RGP tidak mengandung air, sehingga seolah-olah harus bekerja dengan baik seperti lensa kontak untuk mata kering. Sebenarnya, lensa RGP bisa menjadi lebih tidak nyaman daripada lensa kontak lunak jika film air mata pemakainya telah terganggu dari waktu ke waktu atau apakah dia bekerja di lingkungan yang sangat kering.

Lensa kontak Proclear® Compatibles dan Acuvue® Oasys terbuat dari bahan canggih yang hanya berisi 30% air. Bila digunakan bersamaan dengan tetesan mata uang yang disetujui atau obat resep seperti Restasis, lensa kontak hidrogel ini mungkin adalah lensa kontak terbaik untuk mata kering yang tersedia di pasar kacamata saat ini. Banyak produsen lensa kontak yang terus bereksperimen dengan bahan dan teknik baru untuk mengatasi masalah kekeringan mata terkait dengan penggunaan lensa kontak.

Sumber:
https://promodiskons.com/pilihan-kacamata-berkualitas-dan-pelayanan-terbaik-di-optik-tunggal/

Komentar

Postingan Populer